Thursday, August 12, 2010

Sahabat


Setiap orang pasti menginginkan mempunyai teman, seseorang yang selalu mendukung kita, kita dapat merasakan bahwa ia ada disaat kapan pun bersama kita dan berbagi semuanya di dalam kehidupan ini baik disaat menyenangkan dan sulit, disaat tertawa dan menangis, terlebih lagi mengasihi kita seperti dirinya sendiri dan kita pun begitu. Mememilik keterikatan perasaan yang sangat dalam.

Tapi sering kali seseorang yang kita anggap seorang teman, ternyata bukanlah teman. Terkadang untuk dapat mengetahui apakah seseorang itu teman atau bahkan sahabat adalah disaat kita kesulitan atau disaat seseorang itu bahagia. 

Ada serorang teman yang hanya dapat berbagi dalam kesenangan, yang ada disaat tertawa saja tapi di saat kita menghadapi kesulitan dan membutuhkan seseorang untuk mendukung kita, di saat sulit, kita tidak menemukan dia. 

Ada seseorang yang hanya mengingat kita disaat dia membutuhkan kita. Dan dia tidak akan pernah ada disaat dia merasakan kebagiannya. 

Teman atau sahabat bukanlah seperti itu. Seorang sahabat seperti ayat ini :
Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran. Amsal17:17  
Sungguh menarik dan menyentuh sekali menyaksikan persahabatan antara Daud dan Yonatahan yang di tulis di dalam Alkitab. 

Beberapa hal menarik tentang persahabatan Daud dan Yonathan :
  • Ketika Daud habis berbicara dengan Saul, berpadulah jiwa Yonatan dengan jiwa Daud; dan Yonatan mengasihi dia seperti jiwanya sendiri. 1 Samuel 18:1  
  • Yonatan mengikat perjanjian dengan Daud, karena ia mengasihi dia seperti dirinya sendiri. 1Samuel 18:3  
  • Kemudian berkatalah Yonatan kepada Daud: "Pergilah dengan selamat; bukankah kita berdua telah bersumpah demi nama TUHAN, demikian: TUHAN akan ada di antara aku dan engkau serta di antara keturunanku dan keturunanmu sampai selamanya." 1 Samuel 20:42  
  • maka bersiaplah Yonatan, anak Saul, lalu pergi kepada Daud di Koresa. Ia menguatkan kepercayaan Daud kepada Allah. 1 Samuel 23:16  
  • Merasa susah aku karena engkau, saudaraku Yonatan, engkau sangat ramah kepadaku; bagiku cintamu lebih ajaib dari pada cinta perempuan. 2 Samuel 1:26  
Dan pelajaran yang aku dapat :

Sahabat adalah seseorang yang istimewa di dalam kehidupan ini. Ia memiliki keterikatan jiwa dengan kita. Hal itu terjadi karena kita ada di dalam hati dan pikirannya begitu juga sebaliknya. Saling mengasihi dan peduli satu sama lain, juga selalu ingin saling berbagi dari apapun yang didapat dalam kehidupan ini: senang, susah, saat berkelimpahan dan saat kekurangan, saat dalam penderitaan ataupun dalam kelegaan. Saling membawa didalam doa kepada Tuhan. Dan terkadang betapapun jauhnya teman itu dengan kita, tapi kita tetap bisa merasakan dekat dan kasih mereka. 

Jiwa Yonatan dan Daud bersatu dan Yonatan mengasihi Daud seperti mengasihi jiwanya sendiri. (1 Samuel 18:1 ) seperti kata pepatah lama : Friendship produces an entire sameness; It is one soul in two bodies: a friend is another self. Yonatan dan Daud memiliki keterikatan yang kuat. Dan Yonatan mengasihi Daud seperti mengasihi dirinya sendiri.(1Samuel 18:3 )

Landasan hubungan Yonatan dan Daud dan yang mempererat mereka adalah Tuhan, karena Tuhan ada diantara mereka (1Samuel 18:3) Mereka adalah orang-orang yang takut akan Tuhan. Yonatan tau bahwa Tuhan menyertai Daud, sehingga Dia mengasihi Daud dan mengikat perjanjian dengannya.

Yonatan sangat peduli terhadap Daud, disaat Daud diburu raja Saul ayahnya, Yonatan begitu melindungi dan membela Daud. Disaat-saat sulit yang dihadapi Daud, Yonatan menguatkan kepercayaan Daud kepada Allah (1 Samuel 23:16 ). Sahabat yang baik, akan selalu menguatkan kita kepada Allah. Karena Allah adalah sumber pertolongan yang sejati.

Seorang sahabat akan ramah terhadap sahabatnya, selalu peduli dan menginginkan yang terbaik. Itulah yang Daud rasakan dari Yonatan, bahkan Daud menuliskan bahwa cinta Yonatan lebih ajaib dari cinta perempuan. 

Aku ingat sepenggal lirik lagu dari Michael W. Smith  :
Friends are friends forever If the Lord's the Lord of them



No comments:

Post a Comment